Skip to main content

Selain Daging, Makanan Ini Juga Punya Kandungan Zat Besi Tinggi

Selama ini daging merah jadi andalan untuk tambah asupan zat besi. Padahal banyak sayuran dan makanan lain yang kaya akan zat besi.

Zat punya peranan penting untuk berbagai fungsi tubuh. Tubuh yang kekuranngan zat besi dapat menyebabkan tingkat energi rendah, sesak napas, sakit kepala, mudah tersinggung, pusing atau anemia.

Baca juga : Inilah Makanan yang Kaya Zat Besi!

Menurut National Institutes of Health, rekomendasi asupan harian (RDA) zat besi untuk orang dewasa adalah 8-27 mg per hari. Sementara wanita yang lebih tua dan wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan lebih banyak.

Kebanyakan ahli gizi akan merekomendasikan daging jika menderita kekurangan zat besi. Tapi sebenarnya, ada banyak sumber zat besi selain daging merah, bahkan lebih tinggi dari daging merah.

Kekurangan zat besi dikhawatirkan banyak dialami oleh vegetarian. Namun menurut rodaleorganiclife dan beberapa sumber, makanan ini juga punya kandungan zat besi yang tak kalah dari daging.

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau tua ini mengandung sejumlah nutrisi. Yang cukup menonjol adalah kandungan zat besi dan vitamin C. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan juga membantu tubuh menyerap zat besi. Tiap 100 g bayam menandung 2.71 mg zat besi.

Brokoli. Foto: GettyImages 2. Brokoli

brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung zat besi. Bukan hanya zat besi, brokoli juga kaya akan vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Brokoli juga dikenal sebagai makanan yang tinggi antioksidan. Antioksidan baik untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah proses penuaan dini. Tiap 100 g brokoli mentah mengandung 0.75 mg zat besi.

3. Kentang panggang

Sebuah kentang panggang berukuran besar mengandung lebih banyak zat besi daripada semangkuk daging ayam. Jika ingin lebih enak, tambahkan sayuran seperti brokoli dan wortel kukus serta keju.

4. Biji wijen

Satu sendok teh wijen mengandung 1,3 miligram zat besi. Cara konsumsinya juga mudah. Cukup taburkan wijen pada salad dan roti atau kue agar menambah rasa yang lebih enak.

Baca juga : Mana yang Lebih Kaya Kandungan Zat Besi, Bayam Hijau atau Bayam Merah?

Kacang mete. Foto: Getty Images 5. Kacang mete

Kacang mete memiliki rasa yang gurih. Kacang ini juga sumber protein nabati yang kaya akan zat besi. Satu ¼ cangkir mete memiliki 2 gram zat besi.

6. Kacang kedelai

Kedelai kaya akan protein, lemak tak jenuh, serat, dan mineral seperti zat besi. Secangkir kedelai rebus dapat memenuhi setengah dari kebutuhan zat besi harian. Satu cangkir kedelai matang mengandung antara 8 dan 9 mg zat besi

Dark chocolate. Foto: iStock 7. Dark Chocolate

Meskipun bayak dihindari, ternyata cokelat masuk pada kategori makanan kaya zat besi. Yang dianjurkan untuk dikonsumsi, dark chocolate dengan kandungan kakao tinggi. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit dan megatasi stres, setiap 30 g dark chocolate mengandung 2 sampai 3 mg zat besi.

8. TahuTahu sering digunakan sebagai pengganti keju. Dalam setengah mangkuk tahu terkandung 3 mg zat besi. Tahu bisa dimasak dengan banyak cara seperti dibuat salad, puding, sup atau digoreng dan direbus.

Baca juga : Inilah 4 Kandungan Nutrisi Tahu yang Bisa Sehatkan Tubuh si Kecil

(odi/lus)

Comments

Popular posts from this blog

Si Tampan Hamish Daud yang Bikin Raisa Luluh

Hot Photo Selasa, 10 Okt 2017 22:26 WIB  ·   Ismail - detikHOT Jakarta detikHot - Hamish Daud terlihat beraktivitas lagi di dunia hiburan usai bulan madu dengan Raisa. Ia keren dengan kemeja hijau. Foto 1 dari 4 Hamish kala ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar. Foto: Ismail Wah, Kartika Putri Angkat Anak Lagi CELEB | Selasa, 10 Okt 2017 19:28 WIB Walaupun belum pernah menikah, aktris Kartika Putri tidak berhenti untuk berbuat baik. Salah satunya dengan mengangkat anak lagi.

Ada Nama Ustad Guntur Bumi di Dakwaan Gatot Brajamusti

Jakarta - Dalam pembacaan dakwaan di sidang perdana Gatot Brajamusti terkait kepemilikan satwa liar dan senjata api ilegal, ada nama Ustad Guntur Bumi yang disebut-sebut. UGB disebut adalah orang yang memberikan harimau Sumatera yang sudah mati dan diawetkan untuk Gatot Brajamusti. Saat pemeriksaan mantan Ketua PARFI itu mengakui bahwa harimau Sumetera yang sudah mati dan diawetkan itu diberikan oleh Ustad Guntur Bumi sebagai hadiah ulang tahun pada tahun 2011. Harimau itu pun sudah disimpan tanpa izin selama 5 tahun. Dituliskan dalam surat dakwaan saat diperiksa sebagai saksi membantah soal hadiah harimau sumatera itu. UGB mengaku pada tahun yang disebutkan oleh Gatot dirinya masih tinggal di Semarang. "Berdasarkan keterangan saksi H. Susilo Wibowo alias Ustad Guntur Bumi, tidak pernah memberikan satu ekor harimau yang sudah mati atau telah diawetkan sebagai hadiah ulang tahun terdakwa. Karena pada tahun 2011 saksi Ustad Guntur Bumi masih menetap d

Kabel Listik Terbakar di Cipayung, 2 Mobil Damkar Dikerahkan

Jakarta - Kabel listrik terbakar di Cipayung, Jakarta Timur. Kabel itu disebut menjuntai ke tanah. "Iya benar, 30 menit lalu ada kebakaran. Kabel terbakar, kabel menjuntai ke tanah," kata petugas dari Sudin Damkar Jakarta Timur, Ade, saat dihubungi sekitar pukul 22.55 WIB, Rabu (12/7/2017). Lokasi kebakaran itu tepatnya berada di sekitar Jalan Raya Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur. Petugas Sudin Damkar mendapatkan laporan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 22.34 WIB Ade mengatakan saat ini 2 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) telah berada di lokasi. Saat ini, proses pemadaman tengah dilakukan. "Saat ini sudah proses pemadaman. Ada 2 mobil pemadam yang berada di lokasi," tutur Ade. Namun, hingga saat ini, Ade mengaku belum mendapatkan laporan mengenai korban akibat kebakaran tersebut. "Laporan mengenai korban belum kami terima," kata Ade. (fdu/dhn)