
Menyadari hal itu, XL pun langsung menghubungi Kaesang untuk menjelaskan penyebab masalahnya.
"Kami komunikasi terus dengan Kaesang. Kami mengakui memang ada masalah dan tidak menutupinya," kata I Gede Darmayusa, VP Project Management Office XL Axiata.
"Dan kami jelaskan permasalahannya di mana. Tapi tadi beliau (Kaesang) sudah posting kalau koneksinya sudah lancar kembali," lanjutnya saat ditemui di O2 Sky Club, Jakarta, Senin (17/7/2017).
Foto: screenshot InstagramLebih lanjut Gede memaparkan masalah gangguan yang terjadi pada jaringan XL sepanjang hari kemarin, Minggu (16/7/2017), dikarenakan ada kabel fiber yang putus di dalam laut. Sehingga menyebabkan akses ke luar negeri jadi terganggu.
"Ada fiber cut (kabel optik putus) di laut, sehingga 30% kapasitas kami down," ungkap Gede.
Kabel putus sendiri berada di perairan Sumatera. Kabel tersebut menghubungkan antara Jakarta ke Singapura. Pihak XL belum mengetahui penyebab putusnya kabel tersebut.
"Kita tidak tahu, karena itu di dalam laut, 30 KM dari lepas pantai. Kita lagi engaged dengan partner yang punya kabel untuk segera recovery," papar pria berkacamata itu.
Saat ini XL masih berupaya untuk mendapatkan kapasitas dari rerouting dan lain-lain. Sehingga pengguna tidak merasakan dampak seperti Minggu kemarin.Perbaikian kabel fiber sendiri butuh waktu dua minggu. Tapi Gede memastikan saat ini layanan internet XL sudah normal.
"Karena kami kompensasi dengan routing yang kita punya. Kami telah maksimalkan routing yang sudah ada. Sehingga sekarang sudah normal kembali," pungkas Gede. (afr/rou)
Comments
Post a Comment